Site icon BigboysTalk

Insecure Adalah Hal yang Wajar, Tapi Bagaimana Cara Kita Mengatasinya?

insecure adalah dan cara mengatasinya

insecure adalah dan cara mengatasinya

Pernahkah sobat bigboys mengalami perasaan “insecure” dalam menjalani kegiatan sehari – hari di kehidupan, baik kamu yang masih sekolah maupun yang sudah berstatus professional. Pasti setiap orang memiliki rasa insecure di dalam dirinya, baik itu insecure terhadap prestasi, kegagalan, cemas akan jodoh, dan paling penting masa depan kita.

Baca Juga : Tanda Pria Benar – Benar Cinta Kepadamu

Wah, jika sobat pernah mengalaminya, jangan khawatir ya, mimin bigboys juga pernah mengalaminya juga kok. Nah dari sini mimin juga ingin menginformasikan pengalaman kita bagaimana cara mengatasi insecure , cara yang akan membuat kalian tidak merasa insecure lagi. Nah sebelum mengetahui cara mengatasinya, yuk kita simak arti insecure dan penyebabnya di bawah ini, Let’s Go!

Gambar dari freepik.com

Arti Insecure

Menurut Dosenpsikologi, insecure adalah Tindakan dari adanya sebuah emosi apabila kita sedang menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Nah untuk lebih mudahnya, minbogs mengartikan perasaan yang tidak aman yang sangat mungkin dimiliki oleh setiap orang di dalam hidupnya. Rasa tidak aman mungkin akibat rasa malu, melakukan kesalahan, bahkan sampai di bully di suatu lingkungan. Hal tersebut dapat memicu munculnya ketidakpercayaan diri yang ada di dalam dirimu. Hal ini cukup mengkhawatirkan bila tidak segera diobati atau diatasi, karena akan berpengaruh terhadap Kesehatan, emosional, mental, hingga pekerjaan kalian.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Jika Kamu Di Ghosting

Lalu apa penyebab insecure itu sendiri?

Penyebab insecure tentu bermacam – macam, dan insecure yang dimiliki setiap orang pun berbeda dengan orang lain. Sebelum membahas hal itu, perlu kita ketahui tidak ada pasti penyebab terjadinya insecure, banyak faktor yang menimbulkan kondisi seperti ini.

Beberapa faktor yang dapat menimbulkan insecure pada setiap orang antara lain :

1. Takut akan suatu kegagalan yang menimbulkan kecemasan

Gambar dari freepik.com

Salah satu faktor utama timbulnya rasa insecure adalah takut akan merasa gagal. Terkadang kita ingin menjadi orang yang kita inginkan, meskipun pada dasarnya kita harus menjadi diri sendiri, tetapi ketika seseorang membandingkan kita dengan orang lain, disitulah timbulnya rasa insecure. Seakan – akan bahwa kita mengalami kegagalan dan penolakan di dalam hidup.

2. Sifat perfeksionis

Gambar dari freepik.com

Penyebab insecure yang kedua adalah sifat yang perfeksionis. Terkadang setelah kita mengalami fase dewasa, kita memiliki standard yang harus kita capai untuk menggapai mimpi kita atau fase sukses. Nah sayangnya hidup di dunia ini tidak seperti yang kita inginkan, terkadang ketika kita sudah bekerja dengan sangat ekstra, kita tetap mengalami kegagalan atau kalah dari orang lain yang tidak terlalu bekerja secara ekstra. Dari sini timbullah rasa iri, rasa kecewa, dan akhirnya menyalahkan diri sendiri karena merasa menjadi orang yang tidak sempurna. Dan akhirnya dibayangi oleh perasaan insecure setiap harinya.

3. Tidak percaya diri karena lingkungan sosial

Gambar dari freepik.com

Menurut mimin, penyebab insecure yang ketiga adalah rasa tidak percaya diri di dalam lingkungan sosial, seperti menghadiri sebuah pesta, pertemuan dengan teman 0 teman baru, melakukan wawancara, hingga kencan dengan wanita idamanmu.

Rasa kurangnya percaya diri biasanya dikarenakan rasa takut akan dinilai kurang oleh orang lain, dan pada ujungnya kita akan menghindari lingkungan sosial kita karena timbul rasa malu dan insecure di dalam diri kita

4. Pola didik yang tidak tepat

Gambar dari freepik.com

Insecure bisa saja disebabkan oleh didikan orangtua yang terlalu kritis, acuh, maupun keras. Terkadang diabaikan didalam keluarga juga bisa saja terjadi, seperti banyak orangtua yang sibuk bekerja sepanjang hari sehingga komunikasi antar orangtua dan anak menjadi kurang. Faktor orangtua yang keras dan menuntut sesuatu ekspektasi yang berlebihan juga akan menimbulkan insecure pada diri anaknya. Sehingga disini rasa insecure sudah timbul dari kecil sekalipun.

5. Korban bullying

Gambar dari freepik.com

Menjadi korban bullying tidak hanya terjadi pada masa kanak – kanak, tetapi bisa terjadi di lingkungan dewasa, seperti di dalam pekerjaan, lingkungan tetangga, maupun lingkungan pertemanan dewasa. Salah satu contohnya di dalam lingkungan warga, seseorang memamerkan kekayaan mereka seperti baju, perhiasan , dan lainnya.  Nah, orang seperti mimin yang hidupnya sangat sederhana tentu pasti merasa down ketika lingkungan sekitar yang tidak sesuai ekspektasi mimin. Sehingga perasaan insecure pun muncul disini. Hati – hati ya terhadap lingkunganmu sobat bigboys

Nah sobat bigboys, setelah kita tahu arti dan penyebab insecure, yuk simak tips cara mengatasi insecure seperti di bawah ini :

Cara mengatasi insecure adalah

1. Berpikir Positif

salah satu cara supaya kamu tidak insecure adalah selalu berpikir positif. Dengan berpikiran positif bisa berpikir lebih jelas tentang keputusan keputusan penting. Manfaat berpikir positif lainya adalah dapat membantu kamu mengatasi stress lebih cepat dan efektif, membuat kamu lebih percaya diri dan memiliki Kesehatan mental yang lebih baik

2. Memperbaiki Diri

https://www.pexels.com/id-id/

Dengan memperbaiki diri kamu akan menjadi individu yang lebih dewasa sehingga kamu akan mengambil keputusan yang lebih tepat dan tidak insecure. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa memperbaiki diri adalah kamu harus menerima kritik orang lain dengan lebih terbuka. Yang kedua adalah membiasakan diri untuk lebih mengharagi waktu, dengan kamu menghargai waktu kamu akan menggunakan waktu mu untuk hal hal yang lebih berguna dan berpikir lebih logis. Yang ketiga adalah tidak lari dari masalah dan menghadapi semua masalah yang ada dengan lapang dada

3. Jangan Mendengarkan Kata Orang

https://www.pexels.com/id-id/

Yang satu ini paling sering terjadi membuat orang paling sering insecure. Dengan kamu mendengarkan kata kata orang lain yang negative tentang kamu maka kamu akan terlalu merendahkan dirimu sendiri. Ini adalah hidupmu bukan hidup mereka, anggaplah setiap omongan mereka sebagai motivasi untuk kamu bisa lebih berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi

4. Jangan Menyalahkan diri

https://www.pexels.com/id-id/

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Terlalu sering menyalahkan diri sendiri dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk hidup mu, terutama jika kamu tidak mengalami kondisi tertentu. Ketika sudah terjebak dalam kebiasaan ini, kamu akan menghindari situasi yang memungkinkan mu untuk melakukan sebuah kesalahan. Bukan tak mungkin jika setelahnya Anda akan cenderung main aman dan jadi ragu untuk melakukan sesuatu seperti memulai hal yang baru. Ingatlah kita semua manusia dan pasti melakukan kesalahan. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi frekuensi menyalahkan diri sendiri adalah melakukan apa yang harus dilakukan. Sebaiknya kamu mulai melakukan sesuatu yang bisa membuat keadaan lebih baik. Alih-alih takut, setiap kamu ragu ketika ingin mencoba, tanamkan kepada pikiran bahwa kamubisa melakukannya.

5. Jangan Membandingkan Diri

https://www.pexels.com/id-id/

Setiap orang pada dasarnya diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan hidup dan nasib yang berbeda antar satu sama lain. Mungkin pada titik ini orang lain terlihat lebih dibanding kamu, bisa lebih sukses, lebih ganteng atau cantik, lebih bahagia dan seterusnya. Kita tidak bisa memaksakan diri kita seperti orang lain, di dunia ini gak ada hal yang sempurna, kita tidak tahu apa yang mereka atau orang tua mereka lalui untuk berada di titik sekarang. Kita hanya bisa fokus pada apa yang kurang pada diri kita dan introspeksi, lalu pelan-pelan kita perbaiki. Timeline setiap orang itu berbeda, just trust and enjoy the process.

6. Relaksasi & Memanjakan Diri

Terkadang yang membuat kita kepikiran dan mulai insecure adalah karena capek lingkungan sekitar kita. Kadang apa yang kita harus lakukan hanyalah step-back dan istirahat. Istirahat atau relaksasi bisa membuat mental kita fresh lagi. Memanjakan diri bisa dilakukan dengan banyak hal beberapa contohnya ialah medengarkan musik yang kalem, nonton serial Netflix, bermain game, atau bisa dengan sekedar makan makanan kesukaan kita.

7. Cerita Ke Sahabat

https://www.pexels.com/id-id/

Disaat-saat inilah kualitas sahabat kalian juga diuji, cobalah ceritakan ke satu atau dua teman yang memang kamu rasa bisa benar-benar menenangkan hati dan pikiranmu. Kita juga harus berhati-hati dalam menceritakan ke teman kita karena ada resiko belum tentu niat mereka adalah membantu, bisa jadi bisa berbalik menyakitimu.

8. Jauhi Orang-Orang Toxic

https://www.pexels.com/id-id/

menghindar dari orang toxic bisa dibilang lebih mudah sekarang, terutama di masa pandemi ini dimana kita jarang bertemu mereka secara langsung. Dalam sosial media kita bisa melakukan detox atau offline sejenak di suatu periode waktu, bisa jadi 3 hari, seminggu, bahkan sebulan. Jika kalian merasa orang-orang toxic ini sudah keterlaluan kalian bisa sampai block mereka di sosial media atau bahkan memutus hubungan pertemanan, karena pada akhirnya hubungan pertemanan adalah untuk saling mendukung.

9. Be Productive

https://www.pexels.com/id-id/

Agar tidak merasa insecure, kamu bisa mencari tujuan baru dalam hidup atau melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Lakukanlah sesuatu yang bermanfaat untuk kepentingan pengembangan dirimu. Kamu bisa mulai dari bangun pagi, memanajemen waktu dengan lebih baik, perlahan menghilangkan kebiasaan buruk dan terus belajar hal baru. Dan jangan lupakan arti dari kata “semangat”, terus kejarlah mimpimu sampai kamu tidak akan pernah merasakan yang namanya insecure lagi. Yuk semangat yuk gengs!

10. Temukan Kelebihanmu

https://www.pexels.com/id-id/

Salah satu yang menyebabkan kamu insecure dengan dirimu sendiri adalah karena kamu terlalu memikirkan kekuranganmu. Tanpa disadari kamu memiliki banyak kelebihan yang tidak banyak orang lain punya. Lakukan dan cobalah bermacam-macam aktivitas lalu secara perlahan potensimu akan keluar dengan sendirinya. Jangan terlalu memikirkan kekurangan yang kamu punya sekarang, karena kekurangan dapat diperbaiki dan kelebihan akan selalu ada selama kamu terus menggalinya.

11. Kurangi Overthinking

https://www.pexels.com/id-id/

“Duh, kok perutku agak gendutan ya”, “Kok aku udah minum susu tiap hari tapi ga tinggi-tinggi”, “Jangan sering keluar rumah deh nanti kulit jadi hitam”. Kata-kata seperti ini pasti pernah kamu sebut kan? Dan banyak sekali kalimat lainnya yang sejenis. Lalu diakhir kalimat pasti kamu menyebutkan atau mungkin terbesit di pikiran “Apa kata orang?”. Nah yang seperti ini harus kamu hindari nih, jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain. Belum tentu orang tersebut memberikan kontribusi yang berarti dihidupmu kan. Lagian itu hanya opinimu belaka, belum tentu semua orang memikirkan apa yang kamu pikirkan. Cobalah bersikap lebih cuek terhadap orang lain, tampil apa adanya dan lebih percaya diri. Pasti deh kamu akan berpikir bahwa rasa insecure kamu itu hanya ilusi yang menghantuimu selama ini.

12. Konsultasi Dengan Ahli

https://www.pexels.com/id-id/

Jika kamu sudah merasa tidak ada cara lain dalam mengatasi rasa insecure mu, cobalah konsultasi dengan ahlinya. Secara perlahan kamu akan dibantu dicarikan jalan keluar dalam mengatasi rasa insecure. Lakukan hal ini secara rutin maka kamu akan merasa lebih baik, karena seorang ahli pasti sudah memiliki banyak pengalaman dalam membantu atau mengobati kliennya.

Baca juga : Tips Buat Kamu Yang Kena Ghosting

Nah gimana sobat bigboys? Begitulah pembahasan tentang cara mengatasi insecure yang dapat mimin sampaikan. Jika kamu merasa insecure coba terapkan tips diatas ya dan semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Jika artikel ini membantu tolong dishare ke teman atau orang lain yang sekiranya membutuhkan ya..
Dan jangan lupa tulis di kolom komentar jika kalian mau menambahkan atau ada yang ingin ditanyakan.

Exit mobile version